Berita akutual mengenai cara menangkap ikan baik menggunakan perlatan seperti jala, spearfish, bowfishing maupun joran pancing
Menu

Teknik-Teknik Memancing Yang Perlu Diketahui Pemula

0 Comment

Teknik-Teknik Memancing Yang Perlu Diketahui Pemula. Bagi para penghobi mancing kegiatan memancing merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan. Meskipun terlihat membosankan, namun kegiatan memancing sebenarnya memiliki keseruan tersendiri bagi penghobi mancing.

Aktivitas mancing ini sangat membutuhkan kesabaran dan kecermatan. Dan dalam memancing itu tidaklah semudah yang kita lihat. Memancing bukanlah hanya sekedar melempar umpan dan menunggu ikan datang menyambar umpar, dalam memancing juga memiliki beberapa teknik yang harus ketahui.

Pada kesempatan kali ini kami selaku team NEW TEMBAK IKAN merangkum tentang Teknik-Teknik Memancing Yang Perlu Diketahui Pemula. Buat anda yang ingin mencoba kegiatan memancing tetapi belum mengetahui teknik memancing silahkan dicoba baca. Berikut teknik-teknik dalam memancing yang bisa kamu pelajari sebelum mencoba memancing :

Teknik-Teknik Memancing

Flying Lining

Flying Lining merupakan Teknik yang menggunakan ikan hidup atau live bait sebagai umpannya. Umpan yang biasa digunakan dalam teknik ini adalah selar, tembang, kembung dan baby barracuda.

Cara menggunakan teknik ini adalah umpan hidup dibiarkan berenang menuju lokasi spot sambil menunggu ikan yang akan memangsa umpan tersebut.Ikan-ikan yang dijadikan target dari teknik ini adalah ikan tenggiri atau barracuda.

Bottom Fishing

Teknik yang satu ini merupakan teknik yang paling dasar dan umum digunakan oleh para pemancing karena karena teknik ini sederhana. Untuk memancing dengan teknik ini, hanya dibutuhkan rangkaian dasar, lalu pasang umpan, setelah itu lemparkan ke laut dan tunggu sampai ada ikan yang menyambar.

Teknik ini biasanya menggunakan joran dengan ril spinning atau overhead ril. Memancing dengan teknik ini juga harus menggunakan pemberat seperti timah atau besi.

Negek

Negek merupakan teknik mancing yang biasanya digunakan ketika ingin memancing ikan baronang. Teknik memancing ini juga disebut dengan ngegarong, karena menggunakan mata kail yang berbentuk seperti matahari yang disebut garong. Mancing dengan teknik ini biasanya menggunakan umpan lumut laut.

Trolling

Trolling merupakan teknik memancing yang digunakan saat kapal sedang berjalan dengan kecepatan 5-7 knot. Umpan yang digunakan dalam teknik ini adalah umpan buatan.

Biasanya jarak umpan dari kapal mencapai 10 sampai 20 meter itu tergantung ukuran dari umpannya sendiri. Selain itu, joran trolling menggunakan tipe overhead dengan ril yang posisinya berada pada sisi atas joran. Sedangkan bagian bult pada joran trolling ada 2 jenis yaitu bent (bengkok) dan straight (lurus)

Casting

Casting merupakan teknik yang biasa digunakan untuk memancing ikan kerapu, kakap atau ikan laut lainnya. Untuk teknik ini menggunakan umpan tiruan atau lure untuk mendapatkan ikan.

Cara penggunaan teknik ini adalah dengan melemparkan lure menuju target menggunakan alat joran dan reel. Momen melemparkan dan menggulung lure merupakan inti dari teknik satu ini.

Surf Casting

Surf casting merupakan teknik yang dilakukan ditepi laut atau pantai. Teknik ini hampir mirip dengan teknik casting, namun teknik ini menggunakan dengan joran yang lebih panjang sekitar 350-450 cm.

Perbedaan antara casting dan surf casting terletak pada umpan yang digunakan dalam teknik. Jika casting menggunakan umpan tiruan, sedangkan dalam surf casting umpan yang digunakan adalah ikan-ikan kecil, cacing laut, udang ataupun kerang yang banyak ditemukan dipesisir pantai.

Jigging

Jigging dipercaya sebagai salah satu teknik memancing yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Dimana nelayan pada jaman itu mencoba untuk memancing ikan dengan umpan yang dibuat dari timah atau logam yang kemudian dilemparkan ke dalam air dan kemudian ditarik dengan cepat ke atas.

Biasanya teknik ini digunakan saat memancing didaerah terumbu karang dengan kedalaman 50-100 meter. Saat memancing dengan teknik ini, jig tidak diayunkan secara langsung ke spot yang ditargetkan. Melainkan dilempar dan dibiarkan meluncur hingga ke dasar laut secepat mungkin baru kemudian menggulurng reel dengan cepat sambil disentak-sentakan.

Hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian dari ikan sasaran seperti marlin, tuna, dan GT.

Sekian rangkuman kami dari team NEW TEMBAK IKAN selaku Agen Tembak Ikan Online tentang Teknik-Teknik Memancing Yang Perlu Diketahui Pemula. Semoga rangkuman dari kami ini bermanfaat bagi anda para pemancing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *